Erwin Info official website | Members area : Register | Sign in
Language : Indonesian English German Dutch Portuguese Russian Greek Brazilian French Spanish Arabic Korean

Pembangunan Tugu Raja Siagian

Didasari “Pahot Tahi” (mempersatukan tujuan), akan dibangun dengan paradigma baru Tugu Raja Siagian di atas lahan seluas 2,3 hektar di Porlak Patik Desa Sihobuk Bonan Dolok Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir. Tugu Raja Siagian lengkap dengan ruang pustaka,ruang doa,ruang karya budaya Batak serta Ruma yang berfungsi sebagai “Partungkoan” pada tahap pertama (zona I Inti) bangunan berbiaya Rp 3,1 milyar. Arsiteknya sendiri dirancang langsung oleh calon Doktor Ir Morida Siagian Dosen USU (Putri Prof Pimpinan Siagian mantan Rektor UNITA red).
Dengan pembangunan Tugu Raja Siagian yang direncanakan akan dikembangkan di areal seluas 10 hektar ini, akan memberikan dampak yang positif dalam rangkaian mempersatukan Marga Siagian seluruh dunia serta memberi dampak dalam peningkatan ekonomi masyarakat sekitar, ungkap Panitia Tugu Raja Siagian di antaranya Ketua umum pembangunan Tugu Siagian R Rikki Siagian SE SH MM bersama Sekretaris Umum Hendry Siagian DM,ketua I Bidang Perencanaan dan Pembangunan Drs Turman Siagian MSi, Ketua Pelaksanaan Harian Ir Edward Siagian MT serta staf ahli DR Nelson Siagian.
Tugu dibangun dengan sistim zoning dibagi menjadi 3 zona, zona inti (Tugu,Ruma Batak, panggung terbuka). Zona 2 (agrobisnis) dan zona 3 (pasar tradisional), papar ketua umum.
Pembangunan Tugu ini bukan hanya tugu yang berdiri saja. Namun atas ide yang muncul dari generasi muda Siagian (Ide Naposo red), keinginan memberi dampak sosial,ekonomis, pariwisata untuk masyarakat sekitar. Pendirian tugu ini bukan mencontoh marga-marga lain yang membangun tugu di Tobasa, namun dengan paradigma baru monumen yang hidup dan bukan monument orang mati. Konsepnya diharapkan areal tugu menjadi lokasi aktifitas kegiatan masyarakat sekitar dan masyarakat Kabupaten Toba Samosir, ungkap Sekretaris Umum pembangunan Hendry Siagian Dm dan Ketua Ketua Pelaksana harian Ir Edward Siagian MT.
Guna suksesnya pembangunan Tugu Raja Siagian ini papar Ketua pelaksana harian akan dilakukan event-event dalam rangka menggalang dana baik melalui malam dana. Guna melanjutkan pembangunan serta pengelolaan tugu ini nantinya, akan dibentuk Yayasan dan ini akan terbentuk sebelum peresmian tugu. Dan semua panitia yang merupakan generasi muda optimis dan semangat, akan pembangunan tugu ini, ungkap staf ahli DR Nelson Siagian.
Peletakan batu pertama pembangunan Tugu Raja Siagian yang dalam pembangunannya direncanakan selesai antara 6-8 bulan (Juli 2010 diresmikan), dilaksanakan Sabtu (28/3) dihadiri DR RE Nainggolan MM Sekdapropsu mewakili Gubernur Sumatera Utara H Syamsul Arifin SE, Wakil Bupati Tobasa Ir Mindo Tua Siagian MSc, Sekdakab Tobasa Liberty Pasaribu SH MSi serta Asisten I Pemerintahan Pemkab Tobasa Drs Albert Sidabutar Panitia pembangunan Tugu Raja Siagian serta marga Siagian yang ada di Bona Pasogit.
Gubernur pada kesempatan tersebut melalui Sekdapropsu DR RE Nainggolan mengatakan, pembangunan Tugu Raja Siagian dengan paradigma baru ini, kirannya mengisyaratkan kepada kita memberi dampak positif dan menjadi tugu hidup yang memberi manfaat bagi masyarakat sekitar. “Dampak pembangunan Tugu Raja Siagian ini dengan berbagai fasilitas, bisa dimanfaatkan Pomparan Raja Siagian dan masyarakat sekitar untuk melakukan berbagai kegiatan seperti upacara adat, acara pemerintahan khususnya kegiatan-kegiatan masyarakat desa dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, “ ungkap RE Nainggolan membacakan pidato Gubsu.
Lebih lanjut diungkapkan Gubsu melalui Sekdapropsu, paling pokok menjadi keutuhan dan persatuan marga Siagian yang ada di seluruh dunia. Ini akan menjadi ikatan persatuan sesama anak bangsa. “Kiranya pembangunan Tugu Raja Siagian ini mempersatukan kerukunan, kasih sayang dan kebersamaan marga Siagian. Karena Marga Siagian adalah marga yang diberkati Tuhan, “ kata mantan Bupati Tapanuli Utara ini.

Thanks For Visit To My Blogsite

2 comments:

Post a Comment

Do not Forget to comment Quest.

Thank you for Commentnya.